Apa yang di rasakan saat ini . . . ?

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Twitter

MASA LALU . . . .

Posted by Rahmad Jamalis Permana - -

Terinspirasi dari kata-kata itu, saya jadi ingin menuangkan nya. Sebenarnya Renungan dan Kenangan, atau dalam kata-kata kerja Merenung dan Mengenang adalah sesuatu yang sangat berhubungan dengan masa lalu, masa yang sudah terjadi. Dimana mungkin saja ada suatu peristiwa yang cukup menarik untuk diingat.

Seorang bijak pernah berkata, bahwa ada dua hari dalam hidup ini yang sama sekali tak perlu dikhawatirkan. Yang pertama, hari kemarin. Kita tidak akan pernah mampu mengubah apa yang telah terjadi kemarin. Kita tidak dapat menarik perkataan yang telah terucapkan. Kita tidak mungkin lagi menghapuskan kesalahan, dan mengulagi kegembiraan yang kita telah rasakan kemarin. Biarkan hari kemarin lewat. Yang kedua hari esok, hingga mentari esok hari terbit, kita tidak tau apa yang akan terjadi. Kita tidak bisa melakukan apa-apa esok hari. Kita tidak mungkin sedih atau ceria di esok hari. Esok hari belum tiba,biarkan saja.

Disadari atau tidak, banyak diantara orang-orang yang hidup tidak dijamannya, secara raga mungkin saja dia berada di tempat ini, saat ini. Akan tetapi secara jiwa, dirinya masih terkekang pada apa yang terjadi di masa lalu, bukan membelenggunya melainkan sengaja membelenggukan diri disana. Satu-satunya jalan untuk keluar dari belenggu itu adalah kesadaran dan kemauan diri dia sendiri. Penanaman tentang masih banyak hal yang menyenangkan diluar sana yang tidak mungkin didapat ketika dia hanya menyesal dan menyesal. Karena bisa saja hanya dengan menyesali satu hal ia telah melewatkan 1000 alasan lain untuk bahagia.

Leave a Reply